Fast Respon :
Alamat : Jl. Raya Jatitengah, Selopuro, Blitar
Telepon & WhatsApp : 085 646 402 847 - 085 736 584 587 - 081 216 233 839
BBM : D27D3830

Candi Penataran Blitar

Candi Penataran Blitar

Candi penataran merupakan candi peninggalan kerajaan kediri yang merupakan kompleks candi terbesar dan terluas di Jawa Timur. Candi penataran berlokasi di Blitar, tepatnya di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, kabupaten Blitar. berjarak sekitar 15 kilometer dari Kota Blitar. Koleksi Candi penataran yang sarat akan Sejarah dan pengetahuan di masa lampau, serta lokasi candi yang sangat mudah diakses menjadikan Penataran sebagai destinasi utama bagi para wisatawan atau pengunjung di blitar, Jawa timur.
Ditijau dari Sejarahnya, Candi Penataran atau nama aslinya adalah Candi Palah adalah sebuah gugusan candi bersifat keagamaan Hindu Siwaitis yang terletak di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Candi termegah dan terluas di Jawa Timur ini terletak di lereng barat daya Gunung Kelud, di sebelah utara Blitar, pada ketinggian 450 meter di atas permukaan laut. Dari prasasti yang tersimpan di bagian candi diperkirakan candi ini dibangun pada masa Raja Srengga dari Kerajaan Kadiri sekitar tahun 1200 Masehi dan berlanjut digunakan sampai masa pemerintahan Wikramawardhana, Raja Kerajaan Majapahit sekitar tahun 1415.
Kompleks candi ini adalah gugusan beberapa bangunan yang membujur dalam poros barat laut-tenggara. Di belakang candi utama di sisi timur terdapat sungai yang berhulu di gunung Kelud. Kompleks candi ini disusun dalam pola linear, beberapa candi perwara dan balai pendopo terletak di depan candi utama. Tata letak ini berbeda dengan candi pada langgam Jawa Tengah, misalnya Candi Sewu, yang disusun dalam pola mandala konsentrik dengan candi utama terletak di tengah halaman candi dikelilingi barisan candi perwara. Pola susunan linear dengan pola agak tidak beraturan pada candi Penataran ini merupakan ciri khas langgam Jawa Timur yang berkembang pada zaman Kediri hingga Majapahit, lalu dilanjutkan pada pola tata letak Pura Bali.

Kompleks bangunan Candi Penataran menempati areal tsanah seluas 12.946 meter persegi berjajar membujur dari barat laut ke timur dan tenggara. Seluruh halaman komplek percandian kecuali yang bagian tenggara dibagi menjadi tiga bagian, yang dipisahkan oleh dua dinding. Untuk lebih mudahnya dalam memahami kompek Candi Penataran, bagian-bagian dari Candi Penataran disebut halaman depan, halaman tengah, dan halaman belakang. Susunan dari komplek Candi Penataran yang sangat unik dan tidak tersusun simetris. Hal ini mengambarkan bahwa pembuatan candi tidak dalam satu periode.
Selain relief candi yang menjadi destinasi utama, Kompleks Penataran juga dilengkapi dengan berbagai macam wahana rekreasi dan edukasi. Wahana tersebut diantaranya adalah Museum penataran, Kolam renang dan Juga Gor tempat digelarnya berbagai macam pagelaran seni di Kota Blitar.

Jika anda tertarik untuk mempelajari sejarah dari Candi Penataran atau sekedar berekreasi yang bernuansa edukasi positif bersama keluarga anda, kami Gemilang Travel yang belokasi di Blitar siap mengawal wisata anda dengan aman dan Nyaman. Kami Gemilang Travel melayani transportasi paket wisata dengan tujuan ke berbagai kota dan kabupaten Blitar, termasuk tujuan utama ke Candi Penataran. Karena kami telah bertekad untuk menjadi pelayan terbaik anda dalam hal Transportasi di Blitar.

“Mari bersama-sama kita semarakkan dan kembangkan potensi Pariwisata di Indonesia, khususnya di Kota patria Blitar”