Fast Respon :
Alamat : Jl. Raya Jatitengah, Selopuro, Blitar
Telepon & WhatsApp : 085 646 402 847 - 081 216 233 839
BBM : D27D3830

Makam Bung Karno Blitar

Makam Bung Karno Blitar

Berbicara tentang Blitar, tentunya sangat berkaitan dengan Bung Karno, karena Proklamator sekaligus presiden pertama RI ini dilahirkan dan dimakamkan di Kota Blitar. selain disebut sebagai Kota Patria, Blitar juga disebut sebaga kota Proklamator, karena berbagai peninggalan dan sejarah Soekarno sang Proklamator sangat erat dengan Kota ini. 
Makam Soekarno merupakan destinasi wajib bagi para pengunjung maupun wisatawan di kota Blitar. lokasi makam terletak di Jalan S. Soepriadi, Kel. Bendogerit, Kec. Sananwetan, Kota Blitar. makam Soekarno  berdiri diatas lahan seluas 4.852 m2. Tanah yang semula hanya seluas 2.970 m2 ini awalnya adalah adalah miliki Yayasan Mardi Mulyo. Kemudian diserahkan kepada negara dan telah menjadi Taman Makam Pahlawn Karang Mulyo sebagai Wisata religi bagi masyarakat Nusantara.
Ketika masuk menuju lokasi makam, wisatawan akan menjumpai Gapura Agung yang menghadap ke selatan. Di area Makam Bung Karno terdapat rumah joglo adat jawa yang merupakan Cungkup Makam Bung Karno, atau yang biasa disebut  Cunkup Astono Mulyo. Makam Bung Karno  terletak bersebelahan dengan makam kedua orang tua beliau, ditengah makam ibunda Ida Aju Njoman Rai dan ayahanda R. Soekeni. Kemudian yang menarik, ada batu pualam diatas makam Bung karno yang bertuliskan “Disini dimakamkan Bung Karno Proklamator Kemerdekaan dan Presiden Pertama Republik Indonesia. Penyambung Lidah Rakyat Indonesia”.


Didalam komleks makam juga terdapat Musem dan perpustakaan Bung karno. Di dalam Museum kita dapat menjumpai bebragai macam barang peninggalan Bung Karno yang sarat akan sejarah kebesaran Beliau. Sedang di perpustakaan kita dapat menambah wawasan dan membuka jendela dunia dengan membaca berbagai macam buku yang menjadi koleksi dalam perpustakaan. 
Di sebelah komplek makam, terdapat berbagai macam pusat kerajinan yang menjual produk kerajinan yang sarat akan cirikhas kota blitar. Berbagai macam souvenir dapat anda temukan di komplek kerajinan ini termasuk kerajinan kendang dan Batik Blitar, yang belakangan ini sudah dipasarkan secara internasional atau ekspor menuju negara-negara Asia.
Selain itu yang menarik, banyak agenda perayaan maupun religi yang diselenggarakan di Makam Bung Karno. Kebanyakan agenda dirayakan dan digelar pada bulan Juni, karena bulan Juni merupakan bulan yang sarat akan Soekarno, termasuk hari lahir beliau adalah pada bulan Juni, yaitu tepatnya pada tanggal 6 Juni.
Sebagai masyarakat yang sadar akan pentingnya sejarah, tentunya perjuangan Bung Karno sangatlah patut untuk kita teladani. Jika anda merasa tertarik dengan Makam Bung karno dan ingin pergi untuk mengunjunginya, kami Gemilang Travel yang belokasi di Blitar siap mengawal wisata anda dengan aman dan Nyaman. Kami Gemilang Travel melayani transportasi paket wisata dengan tujuan ke berbagai kota dan kabupaten Blitar, termasuk tujuan utama ke Makam Bung karno. Karena kami telah bertekad untuk menjadi pelayan terbaik anda dalam hal Transportasi di Blitar.

“Mari bersama-sama kita semarakkan dan kembangkan potensi Pariwisata di Indonesia, khususnya di Kota patria Blitar”